Catatan Seorang Mahasiswa Teknik Informatika, yang ingin membagikan hasil karya dan catatannya ke publik agar berguna bagi yang lain.

Program Java Input Data Mahasiswa

Setelah beberapa minggu ini saya tidak posting artikel. Alhamdulillah .. kali ini saya punya bahan buat posting artikel di blog saya ini.

Judul pada postingan kali ini adalah  Program Java Input Data Mahasiswa. Program ini adalah program pertama saya dalam belajar bahasa pemrograman java. Karena pada semester II ini materi kampus Bahasa Pemrograman II adalah bahasa pemrograman JAVA, program ini adalah tugas pertama saya di kampus dan sekarang saya sudah memasang label baru di menu tutorial yaitu Java Programming. insya Allah, kedepan saya akan sering posting seputar java.

Baiklah langsung saja ini codingan java pertama saya :

package data.mahasiswa;

import java.util.Scanner;

public class mahasiswa {

    public static void main(String[] args) {
        int tugas,uas,uts,angka;
        String nama,nim,huruf;
        Scanner test = new Scanner(System.in);
        System.out.println("...::: INPUT DATA MAHASISWA :::...");
        System.out.print("Masukan Nama       : ");
        nama = test.next();
        System.out.print("Masukan NIM        : ");
        nim = test.next();
        System.out.print("Nilai Tugas        : ");
        tugas = test.nextInt();
        System.out.print("Nilai UTS         : ");
        uts = test.nextInt();
        System.out.print("Nilai UAS         : ");
        uas = test.nextInt();
        System.out.println("\n");
       
        System.out.println("Data yang Anda Masukan :");
        System.out.println("Nama           :"+nama);
        System.out.println("NIM            :"+nim);
        System.out.println("Nilai Tugas       :"+tugas);
        System.out.println("Nilai UTS       :"+uts);
        System.out.println("Nilai UAS       :"+uas);
       
        angka=20*tugas/100+30*uts/100+50*uas/100;
       
        System.out.println("\nNilai Angka : "+angka);
       
        if(angka>90)
            System.out.println("Nilai Huruf : A");
        else if(angka>75)
            System.out.println("Nilai Huruf : B");
        else if(angka>65)
            System.out.println("Nilai Huruf : C");
        else if(angka>55)
            System.out.println("Nilai Huruf : D");
        else
            System.out.println("Nilai Huruf : E");
       
       
       
    }
}   
Pada codingan java di atas saya menggunakan import java.util.Scanner; sebagai header karena saya menggunakan variabel scanner.

Wassalam, Semoga bermanfaat.

9 comments

  1. wah,,kalau program java saya belum pernah coba,masih vb.net sama delphi serta turbo c++.Thks udah berbagi.

    ReplyDelete
  2. @Abed Saragih : wah .. kalau saya vb.net belum coba mas baru C++ sma Java itu jg msh tau dasarnya saja :)

    ReplyDelete
  3. untuk yang .net saya saranin pake c# saja bro..syntaxis g jauh beda dengan java atau c, jadi lebih cepat adaptasinya...

    ReplyDelete
  4. orang sepertis aya mana ngerti,eheheheheheheh

    ReplyDelete
  5. wah artikel blog yang sangat bagus terima kasih atas informasinya sangat berguna buat mahasiswa

    ReplyDelete
  6. itu pakek program apa gan ? netbins apa jcreator ?

    ReplyDelete
  7. @yanuar : saya menggunakan netbeans sbg IDE nya.

    ReplyDelete
  8. Bagaimana cara coding menghitung data mahasiswa dari kondisi looping?

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung di Irwansyahblog, Semoga bermaanfaat |
Tuliaskan komentar anda di bawah ini !