Catatan Seorang Mahasiswa Teknik Informatika, yang ingin membagikan hasil karya dan catatannya ke publik agar berguna bagi yang lain.

Manfaat dan Kerugian dari Jejaring Sosial

Di abad ini siapa sih yang belum tahu yang namanya Facebook, Twitter ??Jika anda belum tahu atau belum punya akun di jejaring sosial tersebut, berarti anda masih kalah dengan anak kelas 1 (satu) sekolah dasar (SD). Karena zaman sekarang anak kelas 1 SD saja sudah punya akun twitter dan memiliki followers >1000 orang.

Social Network (Jejaring Sosial)
Saya saja yang sudah 3 tahun memiliki akun Twitter, sampai sekarang masih 79 followers.
Yah ..!! mungkin karena saya jarang nge-twitt kali ya dan relasi saya juga masih sedikit. (Ngeles aj kayak bajai, bilang aja gk pandai main nya :D). Jika anda ingin follow twitter saya boleh saja, nama akun twitter saya @irwansyahaha. Promosi dikit yah. Hehehe...

Zaman sekarang, internet ialah kebutuhan yang vital. Pekerjaan, mencari informasi dan santai bermain game online serta mencari hiburan semua bisa di akses via Internet. Apalagi jejaring sosial, kita dapat berinterkasi kepada sesama penggunana jejaring sosial di seluruh dunia.

Di tinjau dari sisi Social :
-Sisi Positif : Anda juga bisa mencari teman, buat yang masih jomblo mencari pasangan juga bisa. Asal semuanya dimulai dengan positif thinking dan dengan tujuan yang baik.
-Sisi Negatif : Banyak juga kasus penipuan, penculikan maupun pemerkosaan yang mengatasnamakan jejaring sosial.
Di tinjau dari sisi Pengetahuan: 
-Sisi Positif : Anda juga dapat mencari tahu informasi terbaru yang ada saat ini baik informasi lokal maupun informasi dunia.
-Sisi Negatif : Sebagian pengguna jejaring sosial juga memanfaatkan SocMed untuk hal yang negatif. Mulai dari menonton film porno serta membuat komunitas yang tidak baik, contohnya komunitas Al-Qaeda misalnya memanfaatkan jejaring sosial untuk berinteraksi satu sama lain.
Di tinjau dari sisi Bisnis: 
-Sisi Positif : Jejaring social bukan untuk mencari teman saja, sekarang banyak yang memanfaatkannya untuk mempromosikan usahanya bahkan menjualnya langsung,
-Sisi Negatif : Kasus penipuan dari sisi ini juga marak terjadi, jadi berhati-hatilah.

Saran Penulis : 

 -  Dari sisi Sosial : Jangan pernah percaya kepada orang yang baru anda kenal di situs jejaring sosial, apalagi dia mengajak anda untuk ketemuan. Pastikan bahwa dia adalah orang yang baik. Anda dapat menilainya dari beberapa status yang dia posting dari akunnya. Anda juga bisa menilainya dari beberapa fotonya serta teman dekat sesama temannya di jejaring sosial

- Dari sisi Seller : Jika anda ingin berbisnis di dunia jejaring sosial. Pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari barang yang anda tawarkan, mempersiapkan alat dan bahan packing pengiriman, karena pembeli mungkin cenderung dari luar kota anda. Manajemen dan cara pembayaran juga harus tersusun dengan baik agar pembeli tidak repot membeli.

- Dari sisi buyer : Jangan pernah membeli barang dari penjual yang reputasinya buruk, pastikan penjual tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda dapat menilai penjual dari testimonial para pembelinya terdahulu dan pertanya kepada pembeli terdahulu apakah penjual tersebut dapat di percaya serta barang yang di jual sesuai dengan yang dia iklankan.

Mungkin segitu saja saran yang saya berikan, semoga postingan ini dapat berguna baik yang baru bergabung di situs jejaring sosial, maupun yang telah lama melintang di dunia maya.
Semoga bermanfaat.
 

1 comment

  1. BLOG YANG BAGUSSS.., MANFAATKAN BLOG ANDA UNTUK MENGHASILKAN UANG...

    PELUANG KERJA SAMPINGAN DENGAN SYSTEM ONLINE

    CARI BANYAK KARYAWAN/TI GAJI 15JT/BLN
    http://www.facebook.com/peluangkerjaonline
    1. Penawaran Gaji pokok 2 jt/bln
    2. Segala Jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll
    3. Kerja Secara Online
    4. Per Entry Anda dibayar 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
    5. Tugas dpt dikerjakan melalui HP, Warnet, dll (yg trhubung dg internet)
    6. Cara Pendaftaran: Kirim Nama & Alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami dibawah iklan ini, kemudian klik menu "Join Now" & isi form pendaftaran anda, lalu cek email anda utk verifikasi keanggotaan.

    http://newkerjaonline2013.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung di Irwansyahblog, Semoga bermaanfaat |
Tuliaskan komentar anda di bawah ini !